Wednesday 4 November 2015

Kecoa Juga Ada Manfaatnya




Ternyata semakin jelas tanda-tanda kebesaran Alloh SWT, karena sesuai yang Dia firmankan bahwa semua yang ada di muka bumi ini ada manfaatnya. Termasuk hewan yang satu ini, ya serangga ini bernama Kecoa.
Kebanyakan orang pasti merasa jijik dan geli terhadap serangga ini, namun tidak semua orang membenci makhluk yang satu ini, kebanyakan orang pula akan memberi tanggapan negatif pada serangga yang satu ini. Hal ini disebabkan karena makhluk ini selalu identik dengan lingkungan kotor dan tidak higienis. Namun siapa yang menduga bahwa serangga dari ordo Blattoda yang kurang lebih terdiri dari 3.500 spesies dalam 6 familia ini ternyata bermanfaat sebagai anti-biotik. Nah,, loh… Apa pula ini…?? Tentu saja… Lingkungan yang kotor dan tidak sehat ternyata telah memaksa serangga ini untuk mengembangkan penahanan diri terhadap serangan mikro-organisme yang mengancamnya.
Lebih hebatnya lagi, sebuah studi menunjukkan bahwa jaringan dari otak dan sistem saraf kecoa dapat membunuh lebih dari 90 % infeksi akibat Methicillin-Resistant Staphylococcus Aereus  (MRSA) dan e-coli tanpa merugikan dan mematikan sel manusia. Bagi manusia, terserang MRSA dapat mengakibatkan infeksi yang mengancam tulang sendi, luka bedah, aliran darah, katup jantung, dan paru-paru. Hal ini sangat berbahaya karena pada akhirnya bisa berakibat pada kematian. Waduhh,, mengerikan ya…

Nah, sahabat… Selain fakta di atas, ternyata kecoa memiliki banyak kegunaan dan manfaat lain lhoe… Hmmm,, kira-kira apa saja ya…?? Langsung saja yuk kita simak bersama…

1. Pada umumnya dalam percobaan laboratorium, kecoa dijadikan sebagai bahan tes ketepatan dosis obat anti serangga. Dimana dalam hal ini, kecoa dijadikan sebagai insekta uji terhadap obat anti serangga.

2. Kecoa dapat dijadikan hewan peliharaan. Dimana dalam hal ini kecoa yang digunakan adalah jenis kecoa madagaskar atau Madagascar Hissing Cockroach, dengan harga mencapai Rp. 12.000/ekornya.

3. Kecoa memiliki memori yang lebih kuat dibandingkan seekor anjing. Sehingga kecoa dapat dijadikan sebagai pendeteksi bom. WOW…

4. Para Ilmuwan di india telah melakukan sebuah penelitian dan mengembangkan teknologi jantung buatan dengan jantung kecoa sebagai modelnya.

5. Kecoa mengandung protein tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi (jika mau). 

Dari Sumber lain juga dikatakan bahwa Kecoa juga digunakan sebagai kosmetik, Seperti diberitakan, TotalBeauty.com, Kecoa yang dipakai untuk kecantikan adalah kecoa Amerika yang berwarna cokelat kemerahan. Hasil penelitian, Kecoa ini mengandung banyak protein.
Alasan lainnya memakai Kecoa untuk kosmetik lantaran harga murah dan perkembangbiakannya sangat mudah dan cepat.
Menurut Los Angeles Times peternakan kecoa bisa menghasilkan keuntungan sekitar Rp 100 juta setiap tahun.
Bahkan di Amerika Serikat dan China ada peternakan khusus kecoa. Kecoa-kecoa inilah yang akan dikirim ke perusahaan kosmetik.
Apakah ada tanda bahwa kosmetik tertentu mengandung kecoa? Badan keamanan makanan dan obat Amerika (FDA) mengumumkan bahwa produsen kosmetik harus menuliskan label bahwa produknya memakai ekstrak atau protein kecoa.
Sehingga konsumen bisa membedakan produk mana yang mengandung kecoa, dan mana yang tidak.

No comments:

Post a Comment