Monday 8 August 2016

Kajian Senin Malam 8/8/2016

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum wr wb

 Bekasi, 4 Dzul-Qa'idah  1437 H/8 Agustus 2016 melanjutkan Kajian sebelumnya 
kali ini pemateri adalah Ustadz Syaefudin. Seperti biasa sebelum memulai kajian, seluruh jama'ah diajak untuk mengulang kembali hafalan juz 'amma dari mulai QS. An-Naba.



Setelah Muroja'ah. kajian lafdziyah QS. Ar-Ra'du : 3-5  
وَهُوَ الَّذِي مَدَّ الأرْضَ وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْهَارًا وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ جَعَلَ فِيهَا زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٣) وَفِي الأرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي الأكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ               (٤)وَإِنْ تَعْجَبْ فَعَجَبٌ قَوْلُهُمْ أَئِذَا كُنَّا تُرَابًا أَئِنَّا لَفِي خَلْقٍ جَدِيدٍ أُولَئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ الأغْلالُ فِي أَعْنَاقِهِمْ وَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (٥) 


3. Dan Dia yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai di atasnya. Dan padanya Dia menjadikan semua buah-buahan berpasang-pasangan Dia menutupkan malam kepada siang. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (keesaan Allah) bagi orang-orang yang berpikir.
4. Dan di bumi terdapat bagian-bagian (berbeda) yang berdampingan. Kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, pohon kurma yang bercabang, dan yang tidak bercabang; disirami dengan air yang sama, Tetapi Kami lebihkan tanaman yang satu dari yang lainnya dalam hal rasanya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang berpikir.
5. Dan jika engkau merasa heran, maka yang mengherankan adalah ucapan mereka, “Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?” Mereka itulah yang ingkar kepada Tuhannya; dan mereka itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya. Mereka adalah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.  

dalam penjelasannya ustadz Syaefudin menyampaikan bagaimana luar biasanya kekuasan Alloh yang telah menciptakan Bumi yang membentang, dalam tafsir ibnu kastir menyebutkan bahwa dunia ini membentang dan bukan bulat seperti para ilmuan kini yang telah menyatakan bahwa bumi itu Bulat. Namun terlepas dari hal itu semua, bahwa kekuasaan Alloh yang tidak dapat lagi kita persebatkan, bagaimana kekuasaan Alloh yang telah menciptakan gunung-gunung dan sungai-sungai yang mengalir dari hulu hingga hilir. 
Alloh SWT juga menciptakan buah-buahan yang bermacam-macam dan dari setiap jenisnya Alloh SWT menciptakan pasangan-pasangan dan setiap buah memiliki aroma yang berbeda-beda. Subhanalloh..

Namun, dari ayat yang sebelumnya telah dijelaskan bagaimana orang-orang kafir telah mengingkari akan kebesaran Alloh SWT, bahkan pada ayat yang kelima Alloh menjelaskan orang-orang kafir itu juga mengingkari akan adanya hari kebangkitan. Hingga mereka bertanya " Apakah kami akan dikembalikan menjadi makhluk yang baru?". Maka Alloh SWT melekatkan belenggu di leher mereka dan mereka pun termasuk penghuni neraka yang kekal didalamnya. Na'udzubillahi min dzaalik.

Semoga kita terhindar dari sifat orang-orang kafir yang mengingkari kebenaran Alloh SWT, dan semoga kita tetap dipersatukan dalam satu wadah, satu jama'ah yaitu Jama'ah Muslimin (Hizbullah).


Wallohu 'a'lam Bisshowab.

Wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment