Sunday 8 January 2017

MDDS Menjadi Doter Di Rumah Sendiri



Cileungsi, 09 Rabiul Akhir 1438 H /08 Januari 2017
Dalam Tabligh Akbar kemarin yang bertemakan Menjadi Dokter Di Rumah Sendiri, banyak ilmu yang kami dapatkan dari beberapa pemateri. Salah satunya adalah dr. Agus Rahmadi  Beliau adalah Dirut Klinik Sehat. Dalam kegiatan ini beliau memberikan beberapa Tips hidup sehat ala Rosululloh SAW berdasarkan hadist-hadist yang shohih.
Imamul Muslimin KH. Yakhsyalloh Mansyur, MA .doc UMPK

1.       OBAT SAKIT MATA
Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad , bahawa Rasulullah S.a.w bersabda pada waktu perang Khaibar, “besok aku akan memberikan bendera ini kepada seseorang yang akan diberikan kemenangan oleh Allah di tangannya.” Keesokan harinya baginda bersabda, “Mana Ali bin Abi Thalib?”“Kedua matanya sedang sakit,” jawab sahabat-sahabat. Maka baginda pergi menemui Ali lalu meludah pada kedua mata Ali sambil berdoa, sehingga langsung sembuh dan ia tidak merasakan sakit apa-apa lagi.
Secara ilmiyah telah diteliti bahwa Air liur manusia mengandung enzim Lisosif yang dapat membunuh bakteri, maka jika diberikan pada mata yang sakit dapat membantu penyembuhan sakit mata.
2.       Diabetes
Ternyata tidak perlu biaya mahal untuk operasi atau membeli obat-obatan kimia agar dapat sembuh dari penyakit Diabetes, Rosululloh sudah mencontohkan dengan cara Puasa Sunnah Nabi Daud  Sudah terbukti berhasil.
3.       Hipertens
Banyak cara untuk mengurangi penyakit Hipertensi atau yang sering kita kenal Darah Tinggi, baik dengan mengkonsumsi ketimun dan madu serta makanan-makanan lain yang dapat menurunkan tekanan darah. Namun ada satu metode lagi yang lebih mudah dan praktis yang telah dianjurkan oleh Nabi SAW yaitu Senyum 20 x Sehari, dengan durasi 20 detik/senyuman.
Dari Abdullah bin Al Harits bin Jaz`i RA. dia berkata, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.” (HR. Tirmidzi)
Dengan Senyum uga dapat memperlancar BAB (Buang Air Besar), senyumlah pada saat bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur kita. Serta dibantu dengan mengkonsumsi makanan berserat, insya Alloh berhasil.
4.       Bersiwak Menyehatkan GIGI
Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)
Maka Waktu yang dianjurkan Nabi untuk bersiwak adalah minimal 5x dalam sehari.
Masih banyak lagi pengobatan-pengobatan dan pola hidup sehat yang telah Nabi contohkan kepada kita, termasuk Tidur miring ke kanan dimana posisi jantung dan lambung berada di sebelah kiri tubuh kita. Kemudian Makan dengan duduk dan posisi paha kaki kanan tegak menahan perut sebelah kanan agar mempermudah makanan masuk kedalam lambung kita. Sungguh semua teladan dari Rosululloh SAW adalah Teladan yang terbaik untuk kita.
Ditutup dengan nasihat Imamul Muslimin KH. Yakhsyalloh Mansyur, Sebuah hadist
اتَّقِ المَحَارِمَ تَكُنْ أعْبَدَ النَّاسِ, وارْضَ بِمَا قَسَمَ اللهُ لَكَ تَكُنْ أغْنَى النَّاسِ, وَأحْسِنَ إلىَ جَارِكَ تَكُنْ مُؤْمِنًا, وَأَحِبَّ لِلنَّاسِ مَا تَحُبُّ لِنَفْسِك تَكُنْ مُسْلِمًا, وَلَا تَكْثِرِ الضَّحِكَ فإنّ كَثْرَةَ الضَّحِكِ تُمِيْتُ القَلْب
“(1) Hindarilah hal-hal yang haram, niscaya engkau akan menjadi orang yang paling baik ibadahnya;
(2) Ridhalah terhadap apa yang Allah karuniakan kepadamu, niscaya engkau akan menjadi orang yang paling merasa berkecukupan;
(3) Berbuat baiklah kepada tetanggamu, niscaya engkau akan menjadi Mukmin sejati;
(4) Harapkanlah kebaikan untuk orang lain sebagaimana engkau mengharapkannya untuk dirimu sendiri; dan
(5) Janganlah engkau banyak tertawa, karena hal itu dapat mematikan hati.”

(HR. At-Tirmidzi, “Abwaabuz Zuhd ‘an Rasulillah, no. 2407. Dihasankan oleh Syaikh Nashiruddin Al-Bani)

No comments:

Post a Comment