Thursday 19 November 2015

Agar Maling Tidak Masuk Rumah


Hari ini dapat kabar kalau ada Saudara kita yang kemalingan rumahnya, jadi ingin share bagaimana kita bisa mencegah agar rumah kita jangan sampai kemalingan.
kalau kata Bang Napi dulu " Ingaaat... Kejaatan Terjadi Bukan hanya Karena Ada Niat Pelaku, Tetapi juga karena Ada Kesempatan. Waspadalah... Waspadalah..."


Buat kesan ada orang di dalam rumah
Dalam menentukan sasaran rumah yang akan dibobol, yang pertama dicari maling adalah rumah yang tidak ditunggui atau tak ada orang di dalam rumah. Jika Anda pergi (bekerja atau berlibur) dan tak ada orang yang jaga rumah, buat rumah terkesan ada orang di dalam. Kebanyakan maling akan melewatinya untuk cari sasaran lain. Berikut, langkah-langkah yang bisa dilakukan:

    Lampu nyala terus atau mati terus menandakan rumah kosong. Gunakan timer otomatis untuk lampu di seluruh rumah. Atur timer menyalakan dan mematikan lampu mengikuti pola kebiasaan Anda. Cari timer yang punya baterai pem-backup sehingga timer tetap bekerja ketika listrik mati. Jika tak ada timer,  minta tolong tetangga untuk melakukannya.
    Timer juga bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan radio atau tv. Bunyi radio dan tv membuat maling pergi cari sasaran lain karena dikira ada orang di dalam rumah.
    Pertimbangkan juga menggunakan timer otomatis untuk membuka dan menutup gorden atau tirai. Gorden yang terbuka terus atau tertutup terus pertanda tak ada orang di dalam rumah.
    Turunkan atau kecilkan volume dering telepon sehingga tidak terdengar dari luar jika telepon berdering.
    Jika memungkinkan, alihkan telepon ketika Anda sedang pergi. Kadang maling telepon ke rumah untuk menguji apakah ada orang di dalam sebelum membobol rumah.
    Selalu parkir mobil di dalam garasi dengan pintu garasi selalu ditutup ketika Anda berada di rumah. Dengan cara ini, seseorang yang mengintai pola Anda tak akan tahu, mobil Anda tidak di rumah ketika Anda pergi.
    Jika pergi untuk waktu lama, minta tolong tetangga untuk menyapu pekarangan atau memotong rumput atau menyiram tanaman.
    Minta tolong tetangga yang baik untuk mengambilkan koran atau surat yang diantar ke rumah Anda dan menyimpannya. Tumpukan koran dan surat juga pertanda tak ada orang di rumah. Jangan meminta loper menghentikan pengiriman koran atau majalah. Kita tak pernah bisa menduga apa yang akan dilakukannya.
    Minta tetangga untuk buang sampah di bak sampah Anda agar tidak terlihat kosong.
    Jangan sembunyikan kunci di pot bunga, di bawah keset atau di kusen pintu agar tetangga atau kerabat bisa masuk untuk melakukan tugasnya. Titipkan kunci kepadanya. Jika Anda minta tolong lebih dari satu orang dan menyerahkan kunci kepada mereka, kasih tahu mereka semua untuk menghindari saling curiga.

Persulit akses ke dalam rumah

Hal kedua yang dicari maling adalah akses mudah. Semakin sulit jalan masuk, semakin kecil kemungkinan maling balik lagi untuk membobol rumah.

    Selalu kunci pintu luar (pintu depan, pintu samping, pintu belakang) dan jendela. Jangan sembunyikan kunci di luar (di pot bunga, kotak surat, kusen pintu, di bawah keset). Maling mudah menemukannya.
    Gunakan daun pintu dan kusen kuat, dikunci dengan kunci deadbolt kualitas baik. Deadbolt harus punya bolt horizontal yang panjangnya paling sedikit 1 inci. Bolt yang lebih pendek lebih mudah dicongkel maling untuk membuka pintu. Pilih kunci dengan casing dari baja yang tak bisa digergaji.
    Perlakukan pintu penghubung garasi dan rumah sebagai pintu luar dan gunakan kunci yang sama dengan yang digunakan pintu depan dan pintu belakang.
    Pasang teralis pada jendela.
    Jika menggunakan pintu dorong di patio, palang dengan tongkat kayu atau besi untuk mencegah pintu dibuka.
    Jangan tinggalkan tangga di luar rumah karena bisa digunakan untuk naik ke atap atau ke jendela lantai dua. Simpan atau kunci semua alat yang bisa digunakan untuk membobol rumah.
    Potong atau pendekkan batang pohon yang menjangkau atap, potong dahan-dahan yang lebih rendah dari pohon di dekat rumah.

Hilangkan segala sesuatu yang bisa dijadikan tempat sembunyi

Maling berkemungkinan lebih besar mencoba membobol rumah jika kurang terlihat dari luar. Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk melindungi rumah.

    Jangan pasang pagar tinggi tertutup untuk privasi. Pagar seperti ini melindungi maling ketika beraksi.
    Maling bisa sembunyi di balik pohon dan semak. Pangkas atau singkirkan semak di dekat pintu atau jendela. Jika menggunakan tanaman di dekat rumah, pilih tanaman berduri seperti kaktus atau mawar atau bougainville.
    Gunakan lampu yang baik untuk menerangi setiap pintu masuk. Pintu depan atau pintu utama harus diterangi dengan dua bohlam untuk jaga-jaga jika satu bohlam mati.
    Gunakan lampu dengan motion detector untuk halaman dan bagian luar lainnya dari sebuah rumah. Jika lampu mendatangi seseorang yang mendekat, maling berkemungkinan lebih kecil membobol rumah. Selain itu, jika cahaya diaktifkan gerakan, tetangga juga berkemungkinan lebih besar melihat jika seseorang bergerak di sekitar rumah Anda.
    Belakang dan samping rumah memberikan penutupan bagi maling yang mencoba membobol rumah. Amankan semua pintu masuk dengan pintu dan kunci yang kuat.

Pasang sistem alarm keamanan rumah

Alarm keamanan rumah bukan jaminan pasti maling tak akan membobol rumah, tapi bisa mempersulit dengan meningkatkan risiko maling terlihat atau tertangkap. Jika tampak jelas rumah dipasang dengan alarm, maling akan cari target yang lebih mudah.

Berteman dengan tetangga

Pengamanan rumah terbaik berasal dari tetangga yang saling mengawasi rumah satu sama lain. Pastikan berteman dengan tetangga sehingga Anda bisa minta tolong mengawasi rumah Anda ketika Anda pergi. Dan gantian Anda yang menolong tetangga Anda jika dia pergi.

Tip lain:

    Jangan umumkan liburan Anda di Facebook dan Twitter. Mencari alamat rumah lebih mudah dibanding yang Anda duga.
    Berpikir seperti maling. Jalan di sekeliling luar rumah Anda, cari jalan di mana Anda bisa menerobos masuk. Kriteria maling dalam memilih rumah adalah yang bisa cepat dimasuki tanpa terlihat. Amati apakah ada barang berharga yang terlihat dari jendela.
    Pelihara anjing jika memungkinkan. Anjing yang ramai dan galak bisa menghalau maling. Anjing besar memang lebih baik, tapi bahkan anjing kecil yang gonggongnya ramai bisa membuat maling pergi. Maling akan pilih rumah lain jika merasa tidak nyaman.
    Pintu dorong rentan dibongkar. Amankan dengan kunci khusus.
    Maling menyukai kegelapan. Buat setiap area gelap di rumah bisa terlihat dengan pencahayaan yang baik.
Semoga bermanfaat..
Nah.. bagaimana cara mengatasi malingnya, ini ada cara unik yang dilakung oleh warga china silahkan klik disini

No comments:

Post a Comment